Terapi Gurah Surabaya

Terapi Gurah Surabaya | Klinik Gurah di Surabaya | Pengobatan Gurah Surabaya Sidoarjo| Tempat Gurah Suara Surabaya | Manfaat Gurah | Gurah Sinusitis | Mengobati Sinus | Gurah Batuk Tengah Malam | Ahli Gurah Surabaya Sidoarjo

Ahli terapi gurah surabaya gresik – bahaya pengobatan terapi gurah surabaya mojokerto – dimana tempat terapi gurah surabaya malang – panggilan terapi gurah surabaya pasuruan – terapi gurah surabaya selatan

JIKA INGIN TERAPI GURAH MOHON JANJIAN DULU VIA SMS/WA 0856 123 7055, MOHON MAAF JIKA KAMI TIDAK BISA MELAYANI ANDA SAAT ANDA LANGSUNG DATANG KE TEMPAT SEBELUM JANJIAN.

 PENDAHULUAN GURAH di SURABAYA

 

Terapi Gurah Surabaya suatu istilah untuk terapi pengobatan yang sudah lama dikenal dan digunakan oleh nenek moyang kita, terutama dalam kalangan pondok pesantren yang memusatkan kajian pada ajaran keislaman, serta  menaruh perhatian dengan seni olah vocal.  Komunitas pesantren inilah yang secara turun menurun melestarikan dan mengembangkan terapi gurah ini hingga sekarang.

terapi gurah surabaya

Manfaat terapi gurah surabaya sidoarjo – khasiat terapi gurah surabaya JAKARTA  – SURABAYA – BANDUNG – BEKASI – MEDAN – terapi gurah surabaya TANGERANG – DEPOK – SEMARANG – PALEMBANG – terapi gurah surabaya MAKASSAR – TANGERANG SELATAN- BOGOR – BATAM – PEKANBARU – BANDAR LAMPUNG – terapi gurah surabaya MALANG – PADANG – DENPASAR  – SAMARINDA – BANJARMASIN – TASIKMALAYA- PONTIANAK-CIMAHI – terapi gurah surabaya BALIKPAPAN – JAMBI – SURAKARTA – SOLO – SERANG – MATARAM – MANADO – terapi gurah surabaya YOGYAKARTA – CILEGON – KUPANG – PALU – AMBON – terapi gurah surabaya SUKABUMI – CIREBON – BENGKULU – PEKALONGAN – KEDIRI – terapi gurah surabaya MADIUN – KENDARI – TEGAL – BINJAI – PEMATANGSIANTAR – JAYAPURA – terapi gurah surabaya BANDA ACEH – PALANGKARAYA – PROBOLINGGO – BANJARBARU – terapi gurah surabaya PASURUAN – TARAKAN – TANJUNGPINANG – GORONTALO – DUMAI – MADIUN  BATU – terapi gurah surabaya SALATIGA – PANGKAL PINANG – LUBUKLINGGAU – TERNATE – BITUNG – terapi gurah surabaya TANJUNGBALAI – TEBINGTINGGI  – METRO  – BONTANG  – PADANG SIDEMPUAN – terapi gurah surabaya BLITAR – LHOKSEUMAWE – SINGKAWANG – PAREPARE- LANGSA – BANJAR – PRABUMULIH – MOJOKERTO – MAGELANG –  SORONG – terapi gurah surabaya PALOPO – BIMA -BUKITTINGGI – BAUBAU

Diantara para pewaris ilmu pengobatan gurah ini, ada yang mengamalkan apa adanya, atau  disebut ahli gurah yg menyakralkan ilmunya. Mereka mempertahankan keaslian ilmu gurah sebagaimana mereka menerima dari gurunya tanpa berusaha memberi inovasi apapun di dalamnya.

Bahkan mereka menganggap ilmu gurah yg diwarisinya sebagai sesuatu yang sakral dan tabu untuk dirubah, baik teknik / tata cara penggurahan, etika, amalan, maupun alat dan bahan / resep gurah dllnya.

Ada juga yg berani berinovasi dengan jenis terapi gurah ini, mereka memasukan teknik-teknik terapi pengobatan modern, alat-alat, dan bahan-bahan yang dihasilkan dari teknologi modern kedalam kemasan terapi gurah ini, tapi  tetap dengan metode lama yakni memasukkan ramuan gurah melalui lubang hidung, tapi ada juga yang membuat formula baru dalam terapi pengobatan gurah ini, melalui gurah dengan kapsul ( Kapsul gurah ), tinggal minum, lebih simpel dan praktis, walaupun hasilnya sedikit berbeda denagn gurah tetes atau gurah cor. Hal ini dikarenakan wilayah kerja  dari masing-masing metode gurah memang berbeda.

Bahkan yang ironis, mungkin inilah yang disebut terapi gurah nekat, ada sebagian masyarakat yang memang sudah sangat mengenal terapi gurah ini, dan mendapatkan bocoran ramuannya tanpa mau konsultasi kepada salah seorang terapis manapun, apalagi berguru kepada terapis tersebut.

Begitu mendapat bocoran ramuan yang dipakai untuk gurah, mereka lantas menerapkannya secara acak dan nekat. Akibatnya, sungguh luar biasa, reaksi dari terapi gurah yang mereka harapkan mampu membersihkan lendir berlebih, kotor dan berpenyakit serta meningkatkan kualitas suaranya, jadi berbalik 180 derajad.

Mereka malah tidak bisa bernafas ketika dimasuki ramuan gurah itu. Mungkin karena tersumbat ramuan gurah yang kurang komposisinya tersebut. Untunglah, akhirnya ramua gurah tersebut bisa dikeluarkan tanpa menimbulkan efek negatif selanjutnya.

PENGERTIAN GURAH

Definisi gurah yang kami dapatkan, sangatlah minim, diantara definisi gurah yaitu : gurah adalah membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun dan terinfeksi berbagai kuman penyakit. Caranya dengan meneteskan ramuan khusus  gurah ke dalam lubang hidung. Khasiat ramuan gurah tadi membuat semua syaraf tubuh bereaksi menekan mendorong dan mengeluarkan lendir kotor yang mengandung racun dan kotoran (dari rokok, kopi, alkokol, narkotik, polusi udara dll). Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut sehingga seluruh saluran pernapasan, pencernaan dan peredaran darah akan bersih dan lancar.

Sebenarnya definisi di atas menurut kami adalah lebih cocok untuk gurah tetes atau gurah cor, ini terkait dengan metode yg diterapkan dalam penggurahan yakni memasukkkan ramuan kusus ke dalam hidung dan tempat keluarnya kotoran yaitu ronggga hidung dan mulut. Akan tetapi karena minimnya referensi tertulis yang kami dapatkan di bidang ini, maka definisi gurah tersebut, kami anggap layak sebagai acuan pendefinisian gurah secara umum.

Dari definisi yang disampaikan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa gurah secarfa umum yang dimaksud adalah upaya membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor, beracun dan terinfeksi berbagai kuman penyakit dari dalam tubuh. Adapun tempat keluarnya kotoran, baik yang berupa lendir maupun lainnya, maka tergantung darai jenis gurah itu sendiri.

Hanya saja, istilah terapi pengobatan gurah ini, di kalangan masyarakat umum, dirasa masih kurang dikenal secara luas, hanya sebagaian mereka yang mengenalnya, terutama kalangan pondok pesantren yang notabenenya sebagai pusat kajian keislaman dan golongan masyarakat yang masih berhubungan dengan aktifitas pesantren serta masyarakat yg terlibat dan tertarik dengan seni olah vocal, baik sebagai sumber pendapatan seperti  artis menyanyi, sinden dll maupun sebagai hobi saja sebagaimana yang dialami remaja-remaja saat ini.

Terapi pengobatan gurah ini, dari dahulu memang sudah dikenal sebagai terapi yg berguna untuk meningkatkan kualitas suara. Proses kerja penggurahan yaitu mengeluarkan lendir yang berlebih, kotor dan mengandung kuman penyakit dalam organ pencernaan dan terutama organ pernafasan yang dapat menurunkan kwalitas suara, sehingga dengan hilangnya lendir yang berlebihan tersebut, menjadikan pita suara semakin lentur dan bersih, tidak terbebani lendir, secara otomatis suara akan menjadi lebih jernih, bening, dan nyaring karena terbebas dari hambatan lendir tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadikan kwalitas suara meningkat dan menjadi sebab mengapa terapi gurah sangat dikenal oleh golongan masyrakat  yang  mendalami  dan menjadikan seni olah vokal sebagai sandaran hidupnya.

PENTINGNYA TERAPI GURAH

Keberadaan terapi gurah sebagai upaya meningkatkan kwalitas suara, sebagaimana yang dikenal masyrakat selama ini seperti penjelasan sebelumnya. Hal ini bisa dibuktikan melalui kesaksian seorang pakar dalam salah satu seni vokal islami yakni qiro’ah, yaitu usdadz Misbahul Munir. Beliau dalam bukunya ilmu dan seni Qiro’atul Qur’an mengungkapkan: Untuk usaha menghaluskan serta menguatkan suara, seorang Qori’/Qoriah bisa mencoba cara-cara seperti yang tersebut dibawah ini,yaitu:

  1. Membiasakan minum air putih yang sudah matang dan diembunkan dimalam hari sampai pagi, lalu diminum setelah bangun tidur sebelum minum dan makan apa-apa. Diusahakan minim 1 gelas ukuran standart, lebih banyak lebih baik.
  2. Makan kuning telur ayam kampung atau angsa, baik yang masih mentah atau direbus setengah matang, bisa juga dicampur dengan madu asli.
  3. Minum jahe, air putih, jeruk nipis, kunyit, temulawak, gambir yang dilarutkan dengan air panas.
  4. Melakukan GURAH, cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sedikit sekali jumlahnya.

Poin keempat diatas, menunjukan secara terbuka bahwa para ahli olah vokal khususnya yang bernuansa islami seperti Qiro’ah mengakui khasiat terapi pengobatan gurah sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kwalitas suara.

Akan tetapi, disamping keberadaan terapi gurah sebagai upaya meningkatkan kwalitas suara, sebenarnya gurah dengan proses kerja seperti diatas juga bisa menghilangkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan keberadaan lendir dalam tubuh yang berlebihan, kotor, kental, mengandung kuman penyakit dll, sebagaimana nanti akan dijelaskan panjang lebar dalam bab khasiat gurah.

Maka dengan adanya tulisan ini, kami berharap semoga mendatangkan kegembiraan ditengah khalayak, mengingat beberapa asumsi berikut:

  1. Bisa menciptakan kesempatan kerja yang tidak terbatas ruang dan waktu bagi pihak-pihak yang menghendakinya.
  2. Proses dan tehnik pengobatan gurah yang sederhana, serta melimpahnya bahan alami disekitar kita sebagai resepnya.
  3. Terapi pengobatan gurah ini sudah sangat dikenal sejak berabad yang lalu.
  4. Kepercayaan masyarakat terhadap khasiat terapi gurah ini sangat tinggi.
  5. Masih langkanya / sedikit sekali Masyrakat yang menguasai terapi pengobatan gurah ini.
  6. Mahalnya biaya berobat di rumah sakit saat ini yang tidak terjangkau berbagai lapisan masyrakat.
  7. Kondisi pencemaran udara dilingkungan sekitar kita semakin hari semakin mengkhwatirkan, apalagi didaerah industri dan perkotaan.
  8. Kebutuhan masyrakat dengan seni olah vokal yang berkualitas semakin tinggi.

Maka sudah selayaknya, jika kehadiran terapi GURAH ini menjadi alternative pengobatan yang tepat dan layak disambut gembira, disamping meningkatkan etos kerja masyrakat, akibat kesehatan semakin meningkat, juga menjadi sumber penghasilan yang halal dan insyaAllah barokah bagi pelaku pengobatan.

Tetapi akan lebih bagus dan lebih bernilai dalam pandangan agama apabila niat terjun dalam terapi pengobatan ini disamping untuk membuka sumber penghasilan terapis, apabila diniati pula untuk membantu melayani sesama manusia dan mensyiarkan islam dengan memakai terapi pengobatan yang dianjurkan Rosulullah SAW.

GURAH DAN JENISNYA

A.    Berdasarkan metode penggurahan, maka gurah dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

1. GURAH LALAPAN

Maksud dari gurah ini adalah menjadikan terapi pengobatan gurah melalui ramuan dari bahan-bahan alami yang dibuat lalap. Pemanfaatan gurah lalap bertujuan untuk mengurangi lendir sekaligus menjernihkan suara

2.    GURAH RAMUAN

Gurah dapat juga dilakukan dengan meminum ramuan.  bahan-bahan yang digunakan adalah kayu legi, gula batu, gagang pohon sirih. Ketika bahan ini direbus dengan takaran yang sama, dan masih dalam keaadaan hangat, airnya disaring lalu diminum. Atau anda dapat juga menggunakan 7 lembar daun sirih yang direbus denga air 2 gelas, sisakan 1 gelas. Masih dalam keadaan hangat minumlah.

3.    GURAH TETES ATAU GURAH COR

Gurah tetes atau gurah cor ini, dengan cara meneteskan ramuan kusus kedalam kedua lubang hidung. Khasiat ramuan tadi akan membuat semua syaraf tubuh bereaksi menekan, mendorong dan mengeluarkan lendir kotoran yang mengandung racun dan kotoran (dari rokok, kopi, alkohol, narkotik, polusi udara dll). Lendir akan keluar lewat rongga hidung dan mulut. Sehingga seluruh saluran pernapasan, pencernaan dan peredaran darah akan bersih dan lancar. Gurah jenis inilah yang direkomendasikan.

4.    GURAH DENGAN KAPSUL (dikenal dengan istilah kapsul gurah)

Pada dasarnya, gurah jenis ini adalah pengembangan dari metode gurah yang selama ini ada. Caranya, ramuan-ramuan sebagai resep gurah dimasukkan dalam kapsul. Reaksi dari terapi ini, nantinya lendir yang kotor, berlebih dan berpenyakit akan larut / keluar bersama / bercampur dengan keringat, kotoran sewaktu buang air besar / kecil.

Menurut kami, berdasarkan praktek selama ini, gurah dengan tetes / cor lebih bagus hasilnya  untuk peningkatan kualitas suara dan penyembuhan penyakit sekitar organ pernapasan bagian atas dan penyakit-penyakit yang menyerang organ kepala seperti flu dan pilek menahun, sakit kepala atau kepala pusing menahun, hidung meler berkepanjangan, sinusitis dll.

Sedangkan kelebihan kapsul gurah adalah reaksi penggurahan lebih maksimal pada wilayah organ tubuh bagian dalam, sehingga seluruh pencernaan, pernapasan, lambung, paru-paru dll bisa lebih bersih dan hal ini menyebabkan proses pengobatan terhadap organ-organ tersebut dari penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena keberadaan lendir yang berlebih, maupun kotoran lain yang mengandung kuman penyakit.

Maka akan sangat baik apabila kedua metode yakni gurah dengan tetes atau cor dan gurah dengan kapsul dipadukan dalam terapinya, hal ini sebagaimana praktek yang kami lakukan selama ini.

B.    JENIS TERAPI GURAH BERDASARKAN WILAYAH KERJA / SASARAN BISA DIKELOMPOKKAN MENJADI 3 YAITU :

1.    GURAH HIDUNG (SUARA)

Jenis gurah hidung (suara) inilah yang saat ini kita bahas. Sedang dalam pembagian terapi gurah berdasarkan metode penggurahan di atas gurah hidung ini dikenal dengan istilah gurah tetes atau gurah cor.

2.    GURAH MATA

3.    GURAH VAGINA

Akan tetapi dalam pembahasan ini, nantinya hanya gurah hidung (suara) atau gurah tetes atau gurah cor yang kami bahas, mengingat besarnya manfaat baik bagi terapisnya maupun bagi pasiennya. Pasien dari jenis gurah ini lebih umum, baik jenis kelamin, usia maupun jenis penyakit yang dapat diobati di masyarakat. Apalagi dapat memperbaiki kualitas suara seseorang. Tentunya nilai lebih dari terapi ini.

Pada gurah hidung ini, tempat penetesannya adalah di kedua lubang hidung. Sedang lendir yang kotor dan berpenyakit nantinya akan keluar melalui lubang hidung itu sendiri, tenggorokan atau mulut, dan sebagian melalui kecil mata. Sehingga seluruh saluran pernapasan dan pencernaan akan bersih dan bebas dari kuman penyakit, serta peredaran darahpun akan normal dan lancar.

Proses pengobatan gurah ini, berdasarkan pengalaman kami, tidak terlalu sakit, hanya sedikit lebih perih dibanding ketika lubang hidung kemasukan air, karena memang yang dimasukkan bukan air murni, tetapi ramuan tertentu yang sebagian diantaranya mempunyai sifat pedas dan perih.

Adapun lama terapi pengobatan gurah ini  bervariasi, tergantung kondisi pasien, kesiapan mental, jenis penyakit yang diderita dan kemauan untuk mengikuti aturan selama proses terapi gurah ini. Akan tetapi pada umumnya terapi gurah ini berkisar antara 1 sampai 2 jam.

MANFAAT GURAH

Segbagai akibat dari keluarnya lendir yang kotor, berlebihan dan terinfeksi kuman penyakit, sebagaimana uraian yang telah lalu, dengan sendirinya akan ada beberapa manfaat lain yang ditimbulkan sebagai imbas dari pengeluaran lendir-lendir tersebut.
Manfaat-manfaat yang timbul tersebut antara lain sebagai berikut :

         1. Pada suara :

Suara akan jadi nyaring, bening, kuat, lantang, panjang , bersih, merdu dan halus. Hal ini sangat bermanfaat bagi peminat seni suara seperti artis penyanyi, sinden, qori, qoriah, muadzin, anggota jamiyah solawat, dalang, penceramah, mc, reporter tv/ radio, guru dll.

2.    Pada nafas :

Nafas akan jadi panjang karena paru-paru bersih dan volumenya membesar. Hal ini bermanfaat bagi pesenam.


Comments

Terapi Gurah Surabaya — 17 Comments

  1. Selamat Siang Bpk/Ibu, saya penderita sinusitis, mohon informasi terapi ini berlangsung berapa lama dan berapa kali? ongkosnya berapa? terima kasih.

  2. Mas… sudah ada cabangnya tidak kalo di Bali…
    Saya berasa nyeri dan semalem gak bisa tidur karena nyeri tsb..

  3. Pak, sy ada riwayat bronchitis. Alerginya selalu kambuh kalo kena dingin, asap dan debu. Kalau lg sakit batuk pilek pun lama sembuhnya, bisa sampe 2-3 bahkan 4 minggu. Nah kalo mengikuti terapi gurah harus berapa kali terapi ya Pak? Makasih

    • Kami sarankan rutin konsumsi habbatussauda minyak, diminum dan diteteskan ke hidung. hindari alergennya!

  4. Assalamu’alaikum pak. Saya mau tanya apakah terapi gurah bisa menyembuhkan penyakit sinusitis? Tapi sinusitis saya ini bakal mau jadi polip pak. Terima kasih

  5. metode pengobatan gurah ini apa bisa untuk mengurangi atau menghilangkan suara ngorok pada saat tidur ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *